Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Canva pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN 3 Luwu
Keywords:
Modul Ajar, Akidah Akhlak, Aplikasi CanvaAbstract
Artikel ini membahas pengembangan bahan ajar untuk pembelajaran akidah akhlak, khususnya pada materi iman kepada hari akhir di kelas IX MTsN 3 Luwu. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yang meliputi lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran akidah akhlak yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran tersebut. Modul ini mencakup berbagai elemen seperti halaman sampul, kata pengantar, daftar isi, glosarium, halaman kompetensi dasar (KD) dan kompetensi inti (KI), materi pembelajaran, contoh soal, kisah teladan, panduan penggunaan, peta konsep, tujuan pembelajaran, daftar pustaka, dan sampul belakang. Validasi produk media pembelajaran oleh ahli media dan ahli materi/isi menunjukkan presentase kevalidan masing-masing sebesar 67,3% dan 100%, dengan rata-rata kevalidan produk mencapai 95,4%, yang menunjukkan tingkat kevalidan yang sangat tinggi. Uji kepraktisan modul dilakukan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, serta melalui respon peserta didik di MTsN 3 Luwu, yang menunjukkan presentase kepraktisan masing-masing sebesar 100% dan 84,2%. Rata-rata skor presentase kepraktisan mencapai 84%, dengan kategori sangat praktis. Hasil pengembangan ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran akidah akhlak yang dikembangkan dapat menjadi sumber belajar yang praktis dan efektif untuk digunakan dalam konteks pembelajaran di MTsN 3 Luwu.
References
Asfahani, A. (2019). Model Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Akhlak (Studi Kasus Kelas Reguler dan Kelas Akselerasi MTs Negeri Ponorogo). QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 11(1), 13–36. https://doi.org/10.5281/zenodo.3559219
Azka, H. H. A., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5), Article 5. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4473
Diana, M., Netriwati, N., & Suri, F. I. (2018). Modul Pembelajaran Matematika Bernuansa Islami dengan Pendekatan Inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1906
Khotimah, K. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Materi Aqidah Akhlak Kelas VII. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.32764/eduscope.v7i2.2009
Manaf, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Modul. KASTA : Jurnal Ilmu Sosial, Hukum, Agama, Budaya Dan Terapan, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.58218/kasta.v2i3.376
Marta, Y. M. V., & Ramli, R. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Pendekatan STEM. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 5(2), 95–101. https://doi.org/10.30599/jipfri.v5i2.918
Nurhasanah, N. (2020). Pengembangan Modul Akidah Akhlak dengan Pendekatan Saintifik untuk Siswa MIN. El -Hekam, 4(2), 189–206. https://doi.org/10.31958/jeh.v4i2.2018
Ramadhani, W., & Fitria, Y. (2021). Capaian Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sains Tematik menggunakan Modul Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1391
Sobirin, A. M. (2023). Kreatifitas Guru dalam Mengembangkan Modul Pembelajaran Materi Aqidah Akhlak Model Majalah Anak untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Social Science Academic, 1(2), 83–92. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.3336
Suryadi, A., Damopolii, M., & Rahman, U. (2022). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran PAI di Madrasah: Teori dan Implementasinya (1st ed.). CV Jejak (Jejak Publisher).
Suryawanto, A. M., & Lestari, W. (2021). Pemanfaatan Modul Tematik Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran pada Saat Pandemi Covid-19. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4006
Sutiah. (2020). Teori Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Nizamia Learning Center.
Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran (1st ed.). Puri Cipta Media.