Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Token Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II SDN 353 Patalabunga Larompong
Keywords:
Hasil belajar IPA, pembelajaran kooperatif, tipe tokenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Tipe Token terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di kelas II SDN 353 Patalabunga Larompong. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental (eksperimen semu). Dalam penelitian ini, jumlah populasi 30. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, dan tes soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil pretest dan posttest kelompok eksperimen mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan melalui pembelajaran Time Toke. Nilai terendah pada saat pretest yaitu siswa yang memiliki nilai 6, sedangkan nilai tertingginya yaitu 10. Setelah siswa diberikan perlakuan nilai terendah pada saat posttest yaitu 10 dan tertinggi yaitu 20. Hasil pretest dan posttest kelompok kontrol mengalami peningkatan. Nilai tertendah pada saat pretest yaitu 3 dan nilai tertinggi yaitu 10. Sedangkan pada nilai posttest nilai terendahnya yatu 4 dan nilai tertingginya yaitu 10. Uji T pada pretest bahwa sig. 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Tipe Token dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Tipe Token. pada Posttest bahwa sig. 0,009, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Tipe Token dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Tipe Token.
References
Ahmadi, & Mubarok, H. (2021). Konsep Pendidikan Islam Perspektif Az-Zarnuji sebagai Wawasan dalam Pembelajaran. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v4i1.113
Aminullah, M., & Ali, M. (2020). Konsep Pengembangan Diri dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Komunikasi Era 4.0. KOMUNIKE: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.20414/jurkom.v12i1.2243
Amir, N. F., Magfirah, I., Malmia, W., & Taufik, T. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar: (The Use of Problem Based-Learning (PBL) Model in Thematic Teaching for the Elementary School’s Students). Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.47323/ujss.v1i2.22
Aziz, M. A., & Sanwil, T. (2022). Teori Belajar Konstruktivisme dan Aplikasi Nya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), Article 1.
Dewi, L., & Fauziati, E. (2021). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam Pandangan Teori Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1207
Ernawati, E. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI pada Siswa Kelas VI SD Negeri 8 Sungai Raya. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.51878/learning.v3i3.2463
Putra, I. G. B. N. P., Damayanti, N. N. S. R., Lestari, N. L. P. R. W., Pradnyanitasari, P. D., & Jayawarsa, A. A. K. (2019). Pengaruh Sifat Kepribadian Locus of Control dan Self-Efficacy pada Pemahaman Akuntansi. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.29303/jaa.v3i2.39
Putri, P. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Az-Zarnuji: Journal of Islamic Education, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.32505/az-zarnuji.v1i2.7560
Ramadhan, H., Ihsan, N., Sepriadi, S., & Zulbahri, Z. (2023). Pengaruh Metode Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Solok Selatan. Jurnal JPDO, 6(6), Article 6.
Siregar, R. (2019). Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri pada Pembelajaran Tematik Bahasa Indonesia Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV-A Semester Ganjil SD Negeri 157015 Kebun Pisang Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31604/jips.v6i1.2019.99-104
Syawaliah, S., Asrori, A., & Murtafiah, N. H. (2023). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Akhlak Siswa. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan), 2(1), Article 1.