Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Token Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II SDN 353 Patalabunga Larompong

Authors

  • Andi Uci Rahayu Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Nuryani Nuryani Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Hasil belajar IPA, pembelajaran kooperatif, tipe token

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Tipe Token terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di kelas II SDN 353 Patalabunga Larompong. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental (eksperimen semu). Dalam penelitian ini, jumlah populasi 30. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, dan tes soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil pretest dan posttest kelompok eksperimen mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan melalui pembelajaran Time Toke. Nilai terendah pada saat pretest yaitu siswa yang memiliki nilai 6, sedangkan nilai tertingginya yaitu 10. Setelah siswa diberikan perlakuan nilai terendah pada saat posttest yaitu 10 dan tertinggi yaitu 20. Hasil pretest dan posttest kelompok kontrol mengalami peningkatan. Nilai tertendah pada saat pretest yaitu 3 dan nilai tertinggi yaitu 10. Sedangkan pada nilai posttest nilai terendahnya yatu 4 dan nilai tertingginya yaitu 10. Uji T pada pretest bahwa sig. 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Tipe Token dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Tipe Token. pada Posttest bahwa sig. 0,009, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Tipe Token dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Tipe Token.

References

Ahmadi, & Mubarok, H. (2021). Konsep Pendidikan Islam Perspektif Az-Zarnuji sebagai Wawasan dalam Pembelajaran. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v4i1.113

Aminullah, M., & Ali, M. (2020). Konsep Pengembangan Diri dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Komunikasi Era 4.0. KOMUNIKE: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.20414/jurkom.v12i1.2243

Amir, N. F., Magfirah, I., Malmia, W., & Taufik, T. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar: (The Use of Problem Based-Learning (PBL) Model in Thematic Teaching for the Elementary School’s Students). Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.47323/ujss.v1i2.22

Aziz, M. A., & Sanwil, T. (2022). Teori Belajar Konstruktivisme dan Aplikasi Nya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), Article 1.

Dewi, L., & Fauziati, E. (2021). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam Pandangan Teori Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1207

Ernawati, E. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI pada Siswa Kelas VI SD Negeri 8 Sungai Raya. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.51878/learning.v3i3.2463

Putra, I. G. B. N. P., Damayanti, N. N. S. R., Lestari, N. L. P. R. W., Pradnyanitasari, P. D., & Jayawarsa, A. A. K. (2019). Pengaruh Sifat Kepribadian Locus of Control dan Self-Efficacy pada Pemahaman Akuntansi. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.29303/jaa.v3i2.39

Putri, P. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Az-Zarnuji: Journal of Islamic Education, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.32505/az-zarnuji.v1i2.7560

Ramadhan, H., Ihsan, N., Sepriadi, S., & Zulbahri, Z. (2023). Pengaruh Metode Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Solok Selatan. Jurnal JPDO, 6(6), Article 6.

Siregar, R. (2019). Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri pada Pembelajaran Tematik Bahasa Indonesia Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV-A Semester Ganjil SD Negeri 157015 Kebun Pisang Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31604/jips.v6i1.2019.99-104

Syawaliah, S., Asrori, A., & Murtafiah, N. H. (2023). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Akhlak Siswa. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan), 2(1), Article 1.

Downloads

Date published articles:

2024-05-02

Cite on this Journal:

Rahayu, A. U., & Nuryani, N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Token Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II SDN 353 Patalabunga Larompong. Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(1), 39–52. Retrieved from http://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/323