Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Doratoon pada Materi Ekosistem Siswa Kelas V SDN 09 Mattekko
Keywords:
Penelitian pengembangan, video animasi doratoon, materi ekosistemAbstract
Penelitian ini fokus pada pengembangan media video animasi berbasis Doratoon untuk materi ekosistem di kelas V SDN 09 Mattekko. Tujuan penelitian mencakup prosedur pengembangan, validitas, dan kepraktisan media tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) sebagai landasan metodologinya. Proses pengembangan dimulai dengan tahap analisis untuk memahami kebutuhan dan karakteristik siswa kelas V SDN 09 Mattekko terkait materi ekosistem. Tahap ini melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi ini telah memenuhi kriteria validitas yang tinggi, dengan nilai validasi ahli media mencapai 97%, termasuk dalam kategori sangat valid. Validasi materi dan bahasa juga mencapai nilai 79,5%, yang tetap dalam kategori valid. Uji praktikalitas dilakukan terhadap guru kelas V SDN 09 Mattekko dan 17 peserta didik. Hasilnya menunjukkan nilai praktikalitas yang sangat tinggi, dengan guru memberikan nilai 98,2% dan peserta didik memberikan nilai 94,8%. Hal ini membuktikan bahwa media video animasi ini sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran, baik dari perspektif guru maupun peserta didik. Dengan nilai validitas dan praktikalitas yang tinggi, dapat disimpulkan bahwa media video animasi berbasis Doratoon ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Diharapkan bahwa produk ini dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi ekosistem dan membantu peserta didik untuk memahaminya dengan baik. Implikasi positif dari penggunaan media ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas V SDN 09 Mattekko dan menjadi sumber daya yang berharga dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep ekosistem.
References
Cahyo, S. N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Pengetahuan Rangkaian Pengendali Dasar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/elektro.v7i1.8650
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Ginting, M. B. (2018). Membangun Pengetahuan Anak Usia Dini Melalui Permainan Konstruktif Berdasarkan Perspektif Teori Piaget. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i2.190
Hanum, R. A., Mirawati, I., & Karimah, K. E. (2023). Mengembangkan Pesan Whatsapp tentang Edukasi Mindful Parenting dengan Prinsip Cognitive Theory of Multimedia Learning. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), Article 1.
Jannah, I. N., Mulyawan, & Tarsono. (2023). Pengembangan Materi Kisah pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11605
Jenita, J., Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, H., Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23614
Komari, K., Nugroho, A. S., & Putra, A. E. (2023). Pemanfaatan Sampah Plastik Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas 1 di SDN 48 Gedongtataan Pesawaran. Widya Balina, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.53958/wb.v8i2.376
Laksana, D. A. W., Widodo, A. S., & Ardianto, D. T. (2023). Gambar Imajinasi Anak-Anak sebagai Aset dalam Pengembangan Animasi Edukasi. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 9(4), Article 4. https://doi.org/10.33633/andharupa.v9i4.9452
Novita, R., & Harahap, S. Z. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK. INFORMATIKA, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.36987/informatika.v8i1.1532
Oktavia, P., & Khotimah, K. (2023). Pengembangan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan), 2(5), Article 5.
Qowiyuddin, A., Ramazan, Hanif, M., & Nursalim, M. (2023). Konstruktivisme Filsafat dalam Konteks Pengembangan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Center of Education Journal (CEJou), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.55757/cejou.v4i2.380
Radhiani, S. M. (2023). Urgensi Pengembangan Bahan Ajar Jaringan Multimedia. Ihtimam : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(2), Article 2.
Rahman, A., & Nyoman, J. I. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27049
Sunarni, S. (2023). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Kursus Dan Pelatihan Studi Pada LKP Sunakis Institute Di Bekasi. Wawasan : Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(4), Article 4. https://doi.org/10.58192/wawasan.v1i4.1260
Syofyan, H., Ms, Z., & Sumantri, M. S. (2019). Pengembangan Awal Bahan Ajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i1.11266
Umar, U., Syamsuddin, I. P., & Abdussahid, A. (2023). Pendekatan Konstruktif dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar: Konsep Teori, Strategi, dan Model Belajar Terintegratif. EL-Muhbib Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v7i1.1448
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & S, A. I. W. I. Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735