Optimasi Pembelajaran Membaca melalui Media Kartu Kata Bergambar di Kelas II SDN 069 Limbong Kecamatan Rongkong Kabupaten Luwu Utara
Keywords:
Pembelajaran membaca, media pembelajaran, kartu kata bergambarAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas penggunaan media kartu kata bergambar untuk mengatasi kesulitan belajar membaca pada peserta didik kelas dua di SDN 069 Limbong. Tujuan utama penelitian adalah untuk menilai dampak positif penggunaan media kartu kata bergambar dalam mengatasi kesulitan belajar membaca di kelas tersebut, serta untuk mengidentifikasi upaya konkret guru dalam menghadapi kesulitan belajar membaca peserta didik menggunakan media tersebut. Metode penelitian yang diterapkan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peserta penelitian terdiri dari 12 peserta didik kelas II, sedangkan objek penelitian adalah implementasi media kartu kata bergambar dalam mengatasi kesulitan belajar membaca. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi, dengan analisis data yang melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan langkah-langkah penerapan media kartu kata bergambar dengan baik. Langkah-langkah tersebut mencakup penentuan tema, persiapan media, pengenalan huruf dan kata kepada anak, persiapan alat dan bahan, pembagian peserta didik ke dalam kelompok, dan memberikan kegiatan kepada anak. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca peserta didik melalui media kartu kata bergambar terfokus pada tiga langkah pembelajaran: pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan media kartu kata bergambar oleh guru dapat meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran membaca. Penerapan langkah-langkah yang telah dijelaskan mampu memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman dan kemampuan membaca peserta didik kelas II di SDN 069 Limbong.
References
Alyusi, S. D. (2019). Media sosial: Interaksi, Identitas dan Modal Sosial (1st ed.). Prenada Media.
Atmaja, I. M. D. (2020). Filsafat Ilmu Sebagai Pembentuk Karakteristik Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 10(1). https://doi.org/10.36733/jsp.v10i1.693
Bawamenewi, A. (2021). Penerapan Strategi The Learning Cell Terhadap Kemampuan Membaca Artikel dalam Media Cetak. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1887
Budiharto, B., Triyono, T., & Suparman, S. (2018). Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar yang Berdampak pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 5(2), Article 2.
Chrismawati, M., & Septiana, I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point Dan Audio Visual Di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.695
Fauzi, F. (2018). Karakteristik Kesulitan Belajar Membaca pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(2), Article 2. https://doi.org/10.21009/PIP.322.2
Firman, F., Mirnawati, M., Hisbullah, H., Usman, U., Ramadhana, M. A., & Harianto, E. (2021). How to Apply the Numbered Head Together Learning Model to Improve Indonesian Learning Outcomes of Middle School Students. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 59–70. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i2.30
Ihwa, A., Salmilah, & Hisbullah. (2023). Penggunaan Metode Membaca SAS (Struktural Analitik Sintetik) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Konsepsi, 11(4), 517–528.
Maulana, U., & Kustiono. (2022). Terampil Berkomunikasi Lisan dan Tulisan (1st ed.). Tata Akbar.
Muhsin, A. (2017). Peran Guru dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Baca Tulis al-Quran di TPQ Miftahul Ulum Nglele Sumobito Jombang. Jurnal Al-Murabbi, 2(2), Article 2.
Romli, A. S. M. (2018). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online (2nd ed.). Nuansa Cendekia.
Simbolon, R. (2019). Penggunaan Roda Pintar untuk Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v2i2.1448
Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran | ISLAMIKA. https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/208
Sutarto, S. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.29240/jbk.v1i2.331
Syahidin, S. (2020). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Sekolah. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(3), 373–380. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.163
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.