Gaya Bahasa Baliho Caleg DPRD Kota Makassar
Keywords:
Gaya Bahasa, Baliho, DPRD Kota MakassarAbstract
Penelitian ini bertujuan unutk mendeskripsikan gaya bahasa baliho caleg DPRD kota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan metode kualitatif penelitian ini berupa bahasa tertulis. Sumber data adalah berupa konteks gaya bahasa iklan pada baliho yang bermajas repetisi, antithesis, eklamasio, hipokorisme, dan antonomasia. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan dan menunjukkan bahwa gaya bahasa pada baliho caleg merupakan jenis iklan yang memiliki gaya bahasa repetisi, antithesis, eklamasio, hipokorisme, dan antonomasia yang menampilkan beberapa gaya bahasa yang disajikan secara langsung maupun tidak langsung. Berdasarkan hasil penelitian ada lima majas yang telah diteliti di antaranya majas repetisi yang berjumlah 2, majas antithesis yang berjumlah 1, majas eklamasio yang berjumlah 3, majas hipokorisme yang berjumlah 2, dan majas antonomasia yang berjumlah 4.
References
Astuti, D.D. 2006. Analisis Makna Emotif dan Gaya Bahasa Iklan di Televisi. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.
Chaer, 2006.pengantarsemantik bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Darmadi. 2003. Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif: Strategi, Program, dan Teknik Pengukuran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hakim, 2006. Iklan yang efektif. Semarang: Dhahara Praize.
Jefkins, Frank. 1997. Periklanan (Terjemahan Haris Munandar). Jakarta: Erlangga.
Kasali, R. 1995. Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Keraf, G. 2002. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Kridalaksana,H. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kusumawati. 2010. Analisis Pemakaian Bahasa pada Iklan Produk Kecantikan Perawatan Kulit Wajah di Televisi. Skripsi tidak Diterbitkan. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.
Pradopo, R.D. 1997. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Rachmadi. 1993. Public Relation dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Gramedia.
Sudiana, D. 1986. Komunikasi Periklanan Cetak. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tarigan, H.G . 1995. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Waluyo, H.J. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.