Gaya Bahasa Baliho Caleg DPRD Kota Makassar

Authors

  • Fadly Akbar Universitas Sawerigading Makassar
  • Musyawir Musyawir Universitas Iqra Buru
  • Isnani Arianti Universitas Sawerigading Makassar
  • Abd. Latif Salam Universitas Sawerigading Makassar

Keywords:

Gaya Bahasa, Baliho, DPRD Kota Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan unutk mendeskripsikan gaya bahasa baliho caleg DPRD kota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan metode kualitatif penelitian ini berupa bahasa tertulis. Sumber data adalah berupa konteks gaya bahasa iklan pada baliho yang bermajas repetisi, antithesis, eklamasio, hipokorisme, dan antonomasia. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan dan menunjukkan bahwa gaya bahasa pada baliho caleg merupakan jenis iklan yang memiliki gaya bahasa repetisi, antithesis, eklamasio, hipokorisme, dan antonomasia yang menampilkan beberapa gaya bahasa yang disajikan secara langsung maupun tidak langsung. Berdasarkan hasil penelitian ada lima majas yang telah diteliti di antaranya majas repetisi yang berjumlah 2, majas antithesis yang berjumlah 1, majas eklamasio yang berjumlah 3, majas hipokorisme yang berjumlah 2, dan majas antonomasia yang berjumlah 4.

References

Astuti, D.D. 2006. Analisis Makna Emotif dan Gaya Bahasa Iklan di Televisi. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Chaer, 2006.pengantarsemantik bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Darmadi. 2003. Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif: Strategi, Program, dan Teknik Pengukuran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hakim, 2006. Iklan yang efektif. Semarang: Dhahara Praize.

Jefkins, Frank. 1997. Periklanan (Terjemahan Haris Munandar). Jakarta: Erlangga.

Kasali, R. 1995. Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Keraf, G. 2002. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Kridalaksana,H. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kusumawati. 2010. Analisis Pemakaian Bahasa pada Iklan Produk Kecantikan Perawatan Kulit Wajah di Televisi. Skripsi tidak Diterbitkan. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Pradopo, R.D. 1997. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rachmadi. 1993. Public Relation dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Gramedia.

Sudiana, D. 1986. Komunikasi Periklanan Cetak. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarigan, H.G . 1995. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Waluyo, H.J. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Date published articles:

2023-02-06

Cite on this Journal:

Akbar, F. ., Musyawir, M., Arianti, I. ., & Salam, A. L. . (2023). Gaya Bahasa Baliho Caleg DPRD Kota Makassar. Jurnal Konsepsi, 11(4), 447–452. Retrieved from http://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/229